Bedasarkan teori-teori yang telah dipaparkan, banyak cara
dalam melakukan proses belajar. Didalam proses belajar terdapat berbagai jenis
belajar. Adapun penggabungan dari tiga ahli (A. De Block, Robert M. Gagne, C.
Van Parreren), yaitu:
- Belajar arti kata-kata. Belajar arti kata-kata
maksudnya adalah orang mulai menangkap arti yang terkandung dalam
kata-kata yang digunakan.
- Belajar Kognitif. Tak dapat disangkal bahwa belajar
kognitif bersentuhan dengan masalah mental. Objek-objek yang diamati
dihadirkan dalam diri seseorang melalui tanggapan, gagasan, atau lambang
yang merupakan sesuatu bersifat mental.
- Belajar Menghafal. Menghafal adalah suatu aktivitas
menanamkan suatu materi verbal dalam ingatan, sehingga nantinya dapat
diproduksikan {diingat} kembali secara harfiah, sesuai dengan materi yang
asli, dan menyimpan kesan-kesan yang nantinya suatu waktu bila diperlukan
dapat diingat kembali kealam dasar.
- Belajar Teoritis. Bentuk belajar ini bertujuan untuk
menempatkan semua data dan fakta {pengetahuan} dalam suatu kerangka
organisasi mental, sehingga dapat difahami dan digunakan untuk memecahkan
problem, seperti terjadi dalam bidang-bidang studi ilmiah.
- Belajar Konsep. Konsep atau pengertian adalah satuan
arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri-ciri yang sama,
orang yang memiliki konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap objek-objek
yang dihadapinya, sehingga objek ditempatkan dalam golongan tertentu.
- Belajar Kaidah. Belajar kaidah {rule} termasuk dari
jenis belajar kemahiran intelektual {intellectual skill}, yang dikemukakan
oleh Gagne. Belajar kaidah adalah bila dua konsep atau lebih dihubungkan
satu sama lain, terbentuk suatu ketentuan yang mereprensikan suatu
keteraturan.
- Belajar Berpikir. Dalam belajar ini, orang dihadapkan pada suatu masalah yang harus dipecahkan, tetapi tanpa melalui pengamatan dan reorganisasi dalam pengamatan.masalah harus dipecahkan melalui operasi mental, khususnya menggunakan konsep dan kaidah serta metode-metode bekerja tertentu.
Posting Komentar