Lebih Dekat dengan Program Linear



Program linear adalah suatu metode/cara yang dapat digunakan sebagai solusi masalah optimasi, yaitu memaksimumkan atau meminimumkan suatu bentuk fungsi objektif atau fungsi sasaran dengan kendala-kendala berupa sistem pertidaksamaan linear. Dalam perkembangannya, program linear menjadi sangat penting dalam berbagai bidang, terutama bidang industri/usaha, seperti produksi barang dan penjualan barang.

Misalkan seorang pengusaha ingin menentukan suatu teknik produksi yang harus digunakan untuk memenuhi permintaan pasar dengan meminimumkan biaya atau ongkos produksi. Untuk menyelesaikan masalah ini, kita harus mengetahui kendala-kendala apa saja yang terdapat dalam produksi barang tersebut, misalnya jumlah bahan baku yang tersedia, jumlah pegawai, atau kendala yang lain. Selanjutnya dengan fungsi objektif atau fungsi sasaran yang kita inginkan, kita dapat memutuskan teknik produksinya.
Untuk itu kalau kita menguasai program linear ini, tentunya kita nantinya akan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan memaksimumkan atau meminimumkan.
-esis
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Serunya Belajar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger